10 Manfaat Daun Sambung Nyawa bagi Kesehatan, Salah Satunya Bantu Atasi Diabetes

10 Manfaat Daun Sambung Nyawa bagi Kesehatan, Salah Satunya Bantu Atasi Diabetes

your mind solution – Manfaat daun sambung nyawa di Indonesia banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Daun sambung nyawa memiliki nama ilmiah Gynura procumbens, Daun ini banyak ditemukan di wilayah Cina, Afrika, dan Asia Tenggara dan bisa tumbuh hingga hingga panjang 20 cm dan lebar 10 cm.

Di Indonesia, sambung nyawa memliki banyak nama daerah seperti ngokilo, beluntas, dan lain-lain. Daun sambung nyawa mempunyai kandungan senyawa yang memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah yaitu kaempferol, quercetin, rutin (quercetin-3-Orutinoside), astragalin (kaempferol-3-O-glucoside) dan kaempferol-3-O-rutinoside.

Senyawa tersebut merupakan flavonoid golongan flavonol dan bentuk glikosid. Flavonoid seperti kaempferol dan quercetin, telah terbukti mempunyai aktivitas anti hiperglikemia. Berikut selengkapnya manfaat daun sambung nyawa bagi kesehatan yang perlu diketahui dirangkum dari healthyavid:

 

Bantu Obati Stroke

Stroke adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat kerusakan jaringan di otak – pembuluh darah arteri yang bertugas mengalirkan darah ke otak. Masalah ini harus dihentikan sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada bagian tubuh yang lain.

Manfaat daun sambung nyawa dapat menjadi obat alternatif untuk membantu mengatasi stroke, berikut langkah-langkahnya:

Minum ramuan herbal yang terbuat dari rebusan umbi-umbian dari daun sambung nyawa yang dicampur sedikit biji ginkgo dan sedikit madu.  Atau bisa juga mencoba meminum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa secara rutin dua kali sehari.

 

Bantu Obati Rematik

Rematik adalah gangguan kesehatan yang memengaruhi sendi tulang Anda. Untuk mencegah terjadinya rematik, Anda harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, protein pada tingkat sedang, dan rendah lemak.

Untuk mengobati rematik dengan daun sambung nyawa anda dapat meminum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa atau dapat meminum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa yang dicampur dengan jahe merah dan akar Vernonia cinerea.

 

Bantu Obati Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan ketika kadar gula dalam darah melebihi batasnya. Anda harus segera menangani diabetes untuk mencegah komplikasinya.

Dari sebuah studi penelitian, temuan menarik pada daun sambung nyawa adalah kekhususannya dalam menginduksi efek hipoglikemik pada hewan diabetes.

Telah terbukti dapat menyebabkan penurunan yang signifikan pada kadar glukosa darah puasa dan penekanan peningkatan glukosa selama tes toleransi glukosa pada tikus diabetes, tetapi tidak pada tikus normal. Anda bisa meminum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa secara rutin sekali dalam sehari.

Bantu Obati Sakit Jantung

Kita tahu bahwa sakit jantung biasanya bisa menyebabkan kematian pada orang dewasa. Penyakit ini disebabkan ketika aliran darah ke jantung terhenti meski hanya dalam beberapa detik.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit hati adalah; merokok, alkohol, obesitas, kurang istirahat, kurang olahraga.

Cara alami untuk mengurangi resiko sakit hati adalah dengan rutin meminum ramuan dari daun sambung nyawa yang dihaluskan dan direbus dengan air. Anda bisa minum ini pada siang hari.

Bantu Obati Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi penyakit kritis yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Ini adalah faktor risiko utama untuk beberapa penyakit kardiovaskular termasuk penyakit pembuluh darah koroner dan stroke.

Selama beberapa tahun terakhir, upaya signifikan telah dilakukan untuk mengeksplorasi tanaman obat dengan efek terapeutik antihipertensi, termasuk  daun sambung nyawa.

Beberapa penelitian telah melaporkan hasil daun sambung nyawa secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan arteri rata-rata pada tikus hipertensi serta penurunan yang signifikan dalam denyut jantung, kronotropik negatif yang kuat, dan efek inotropik negatif pada atrium kanan dan atrium kiri tikus masing-masing.

Anda boleh mengonsumsi daunnya untuk menurunkan tekanan darah dengan meminum ramuan dari rebusan daun dewa secara rutin dua kali sehari setelah makan atau bisa membuatnya menjadi rujak dan memakannya.

Mengobati Pendarahan atau Pembengkakan pada Payudara

Gangguan ini bisa menimbulkan sensasi nyeri pada payudara. Ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor seperti, pubertas, kehamilan, menopause, dan lainnya.

Cara mengobatinya dengan daun sa,bung nyawa cukup sederhana, anda cukup meminum satu porsi dari rebusan daun tersebut sebanyak setengah gelas sekali sehari.

Bantu Rawat Luka

Manfaat daun sambung nyawa ternyata juga bisa membantu merawat luka ringan. Hancurkan dari umbi akar daun sambung nyawa yang dicampur dengan gula merah dapat mengobati luka serta luka bakar dan lain-lain.

Gunakan dengan cara mengaplikasikannya pada bagian yang sakit dan ikat dengan kain bersih atau perban. Selain itu, khasiat tanaman ini juga bisa mengobati luka memar.

Langkah-langkahnya adalah campurkan beberapa daun sambung nyawa yang dihaluskan dengan beberapa daun tanaman jarak dan letakkan pada bagian yang memar.

Mengobati Batuk dan Muntah Darah

Gangguan pernapasan seperti batuk, seringkali merupakan gejala umum dan normal dari beberapa penyakit batuk.

Tetapi Anda harus lebih khawatir ketika batuk dengan darah di dalamnya. ini dapat menandakan gangguan serius pada kesehatan.  Untuk mengatasinya, gunakan manfaat daun sambung nyawa sebagai ramuan untuk membantu pengobatan.

Caranya adalah dengan meminum satu porsi dari rebusan daun tersebut sebanyak tiga kali sehari, secara rutin masing-masing setengah gelas. Ini juga dapat membantu menghentikan pendarahan saat hamil.

Mengobati Wasir

Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah mengobati wasir.

Untuk mengobati wasir dengan daun sambung nyawa, Anda bisa meminum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa yang dicampur lidah buaya dan sedikit madu.

Mengatasi Gangguan Menstruasi

Terkadang kebanyakan wanita terganggu oleh siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun, salah satu manfaat daun sambung nyawa adalah membantu mengatasi gangguan ini.

Untuk mengobati gangguan haid minumlah sebagian dari rebusan atau tumbuk daun sambung nyawa dicampur sedikit arak yang sudah dipanaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *