5 Cara ‘Menghipnotis’ Diri Sendiri yang Bisa Bantu Penurunan Berat Badan

5 Cara ‘Menghipnotis’ Diri Sendiri yang Bisa Bantu Penurunan Berat Badan

Your mind Solution – Selama pandemi Corona, ada orang yang jadi lebih peduli dengan kesehatan tapi tak sedikit pula yang malah bertambah berat badan. Ditambah lagi selama bulan Ramadhan, kamu lebih banyak makan malam dengan yang manis-manis atau gorengan sehingga menghambat rencana. Saat sulit mengontrol nafsu makan dan mengubah kebiasaan, diet dengan metode hipnotis bisa dilakukan. Tak harus selalu ke klinik, kamu bisa ‘menghipnotis’ diri sendiri dengan lima cara yang dapat dilakukan di rumah ini.

1. Visualisasikan Diri Kamu yang Baru
Hipnoterapis Aaron Surtess mengatakan jika menguruskan tubuh adalah masalah pikiran. Hal itu bisa dengan mudah dilakukan dengan mengubah cara pikir dan sikap mengenai makanan. Salah satu hal yang penting dilakukan saat ingin menghipnotis diri sendiri untuk bisa jadi kurus yakni memvisualisasikan diri.

Caranya adalah dengan membayangkan diri kamu yang baru dengan bentuk dan bobot tubuh yang diinginkan nantinya. Disarankan hal itu dilakukan setiap pagi untuk melatih pikiran bahwa kamu sedang berusaha mengurangi berat badan. Kamu bisa ‘berkhayal’ lebih jauh misalnya baju apa yang nantinya akan digunakan saat sudah lebih kurus dan bagaimana hal itu berdampak pada kepercayaan diri.

2. Bayangkan Nafsu Makan Seperti Penggaris
Saat sedang lapar dan ingin makan besar kamu bisa menghipnotis diri untuk mengurangi keinginannya. Caranya adalah dengan membayangkan rasa lapar seperti ukuran pada penggaris. Jika kamu merasakannya seperti angka 10 coba bawa turun hingga ke angka 3. Dengan begitu, diharapkan kamu lebih tidak lapar dan hanya akan makan lalu berhenti saat sudah cukup kenyang bukan puas.

3. Lihat Makanan Seperti Bahan Bakar
Dikatakan jika hipnotis akan mengubah cara pandang kamu bahwa makan adalah bahan bakar dari pada alat pemuas. Hipnoterapis akan meminta klien untuk mendengar tubuh mereka sendiri. Jika tubuh merasa butuh bahan bakar lebih banyak mungkin tidak apa untuk makan lebih besar. Tapi jika hanya sekadar ngidam, sebaiknya dijauhi atau dikurangi.

4. Mindful Eating
Saat dihipnotis untuk diet, klien juga akan diajarkan untuk fokus pada makanan ketika kamu sedang makan. Kemudian mereka juga diminta pelan-pelan saat mengunyah untuk otak bisa memproses bahwa kamu sudah kenyang juga untuk metabolisme yang lebih baik.

5. Ciptakan Batasan untuk Makanan Manis
Salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah makanan atau minuman manis. Hal yang bisa dilakukan adalah memberi batasan pada pikiran kita sendiri. Saat dihipnotis, klien Aaron akan diminta untuk menciptakan rasa mual ketika itu dikonsumsi berlebihan. Dicontohkan bahwa klien diminta untuk membayangkan cokelat terasa 10 kali lebih manis lalu berputar-putar hingga membuatnya mual. Dengan begitu, mereka bisa memilih sumber gula yang lebih natural misalnya dari buah dari pada camilan atau minuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *