Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Obat Herbal dari Madu Sampai Lidah Buaya

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Obat Herbal dari Madu Sampai Lidah Buaya

Gel lidah buaya (Pixabay.com)
Gel lidah buaya

YOUR MIND SOLUTION, Jakarta – SariaWan merupakan peradangan yang dapat terjadi di bibir dan bagian dalam mulut. Kehadirannya sangat membuat tidak nyaman, terutama saat makan dan minum. Namun, tahukah Anda bahwa ada obat rumahan yang bisa bantu redakan sariawan?

Merangkum Greatist, berikut enam obat sariawan rumahan bantu meredakan sariawan:

  1. Madu

Madu memiliki khasiat antiinflamasi dan antibakteri, studi menunjukkan mengoleskan madu ke sariawan dapat mengurangi rasa sakit dan ukuran peradangan. Anda bisa mengoleskan madu ke sariawan sebanyak empat kali sehari.

  1. Minyak Kelapa

Penelitian menunjukkan minyak kelapa mengandung antimikroba, sehingga ia dapat mengurangi bakteri pada peradangan sariwan. Ia juga bermanfaat mengurangi kemerahan dan rasa sakit, maka oleskanlah minyak kelapa ini beberapa kali dalam sehari pada sariawan.

  1. Cuka Sari Apel

Jika Anda tetap ingin mencobanya, bisa dengan campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan satu cangkir air, kemudian gunakan untuk kumur-kumur selam 30 detik sampai 1 menit. Setelahnya muntahkan, dan bilas mulut sampai bersih, sebab cuka sari apel dapat merusak email gigi. Gunakan metode ini setiap hari sampai sariawan Anda membaik.

  1. Lidah Buaya

Studi menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat digunakan untuk menenangkan sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit sariawan. Anda bisa melakukannya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada sariawan.

  1. Soda Kue

Soda kue dapat membantu mengurangi peradangan dengan menyeimbangkan PH dalam mulut, Anda bisa melakukannya dengan melarutkan satu sendok soda kue dalam satu setengah gelas air, lalu gunakanlah sebagai kumur-kumur selama 15 sampai 30 detik dan muntahkan. Ulangi setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

  1. Air Asin

Berkumur dengan air garam dapat memberikan kelegaan sekaligus membantu mencegah infeksi peradangan sariawan, caranya dengan larutkan satu sendok teh garam dalam satu setengah gelas air hangat, gunakan untuk kumur-kumur selama 15 sampai 30 detik, lalu muntahkan. Anda bisa mengulang metode ini setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

Enam cara obat rumahan mengurangi sariawan ini bisa Anda coba sebagai alternatif pengobatan, namun saat sariawan tak kunjung membaik, segeralah konsultasi ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *