Ini Akibat Anak Sering Makan Es Krim yang Harus Diwaspadai

Ini Akibat Anak Sering Makan Es Krim yang Harus Diwaspadai

Tidak ada salahnya jika anak ingin mengonsumsi es krim sesekali saja. Namun, Anda jangan sampai lengah dan membiarkan anak terlalu sering memakannya. Sebab, ada beberapa efek samping yang bisa mengancam kesehatan tubuh anak. Maka dari itu, kenali lebih jauh berbagai akibat anak sering makan es krim yang berbahaya ini.

Akibat anak sering makan es krim yang harus diwaspadai

Mulai dari meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, hingga membuat tubuh terasa lesu. Berikut ini adalah bahaya makan es krim berlebihan yang harus diwaspadai.

1. Meningkatkan risiko obesitas

Dilansir dari Eat This, seorang ahli bernama Edwina Clark, RD, APD menyatakan bahwa mengonsumsi es krim berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebab, es krim mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.Namun, jika si kecil hanya memakan es krim sesekali saja, Anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko obesitas ini.

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Sama seperti produk olahan susu lainnya, es krim mengandung lemak yang cukup tinggi. Sebenarnya, tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon, sumber energi, dan menjaga organ tubuh.Akan tetapi, konsumsi lemak berlebihan malah meningkatkan risiko Anda terhadap berbagai penyakit berbahaya, misalnya penyakit jantung.Tentunya bahaya makan es krim bagi anak ini harus diwaspadai. Sebab, penyakit jantung adalah penyakit serius yang bisa mengancam nyawa. Maka dari itu, cobalah untuk memerhatikan porsi es krim yang anak Anda makan.

3. Mengonsumsi gula berlebihan

Es krim mengandung gula yang bisa berdampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, gula dapat memicu kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.Konsumsi gula berlebihan juga bisa berdampak pada kadar glukosa dalam darah sehingga risiko Anda mengalami diabetes menjadi semakin tinggi.

4. Meningkatkan lemak di perut

Bahaya es krim selanjutnya adalah meningkatkan lemak di perut. Es krim mengandung karbohidrat olahan yang bisa membuat penumpukan lemak di perut. Satu pint es krim (473 mililiter) mengandung 120 gram karbohidrat.Sebenarnya, karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Namun, tubuh tidak menggunakannya secara langsung. Karbohidrat yang tidak terpakai inilah akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

5. Mengganggu sistem pencernaan anak

Konsumsi es krim berlebihan juga dapat mengganggu sistem pencernaan anak. Es krim mengandung lemak tinggi yang membutuhkan waktu lama untuk diproses oleh tubuh.Hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan sistem pencernaan yang akhirnya malah mengganggu waktu istirahat anak.

6. Membuat gigi menjadi sensitif

Gigi menjadi sensitif adalah salah satu akibat anak sering makan es krim. Kondisi ini dikenal dengan sebutan hipersensitivitas dentin. Gigi sensitif terjadi saat enamel gigi berkurang dan ujung saraf gigi terekspos.

7. Fungsi otak terganggu

Tahukah Anda kalau mengonsumsi es krim secara berlebihan dapat mengganggu fungsi otak?Menurut Eva Selhub, MD, dari Harvard Medical School Health, kandungan gula olahan pada es krim berpotensi mengganggu fungsi otak dan bisa memperparah gejala dari gangguan suasana hati, misalnya depresi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *